Istilah-istilah yang ada di Internet Lengkap 2020

Posting Komentar
Assalamualaikum wr.wb

kali ini saya ingin update artikel yang membahas apa saja sih istilah-istilah dalam internet seperti Web Site, Browser, Browsing. Istilah-istilah di internet sering kita jumpai di Blog atau Website dengan topik internet, komputer dan teknologi.   
Ada banyak istilah dalam internet yang perlu dikenali dan dimengerti agar agar lebih mudah dalam menjelajahi dunia maya ini. Namun demikian suatu istilah bisa dipahami sebelum menjalanan internet, akan tetapi bisa juga akan lebih mudah memahami istilah seiring dengan menjalankan internet. Berikut ini beberapa istilah di internet yang digunakan di internet dan sudah dirangkum di blog Catatanku ini.
  1. WWW 
  2. World Wide Web merupakan suatu bentuk layanan internet yang menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang berkaitan, yang di dalamnya terdapat halaman WEB (Web Page). Untuk mengakses www di gunakan protokol http (hypertext transfer protokol).

  3. Web Site
  4. Alamat web atau suatu lokasi web yang merupakan tempat penyimpana data dan informasi berdasarkan topik tertentu. (jawa post, ki-demang, invir, dsb). Namun kalau seorang ditanya alamt web maka akan menyebutkanya secara lengkap dengan domainya, misalkan: nganjukkab.go.id, jawapos.co.id, ki-demang.com, invir.com, yahoo.co.id, google.co.id, dll.
  5. Browser
  6. Peragkat lunak atau progam yang digunakan untuk mengakses server di internet dan menampilkan situ-situs web. Perangkat lunak (browser) tersebut antara lain: Mozilla, Crhome, Opera, Safari, Internet explorer ll. Software internet explorer secara otomatis ter instal pada saat melakukan proses instalasi sistem operasi Windows. Sedangkan Netscape. Mozilla, dan Opera dengan diperoleh dengan cara menginstal.

  7. Browsing
  8. Browsing merupakan suatu metode atau kegiiatan untuk menjelajahi Word Wide Web (WWW) dalam internet untuk memperoleh suatu informasi. Tentu saja komputer harus terhubung dengan sambungan internet,dan adanya browser untuk melakukan browser.

  9. TCP / IP
  10. TCP singkatan dari Transmission Control Protocol dan IP singkatan dari Internet Protocol. TCP/IP merupakan perangkat lunak jaringan komputer yang terdapat dalam satu sistem dan memungkinkan komputer satu dengan komputer lain dapat mentransfer data dalam satu grup network/jaringan.

  11. URL
  12. URL atau yang biasa di sebut Link merupakan objek yang berupa teks atau gambar yang terhubung dengan halaman, file, atau URL (alamat situs) tertentu.

  13. Home Page
  14. Halaman pertama dari sebuah situs web atau blog. Halaman ini memberitahukan dari mana halaman itu berasal, serta berisi link-link yang digunakan untuk menelusuri informasi-informasi berikutnya dalam website atau blog tersebut.

  15. ISP
  16. ISP singkatan dari (Internet service provider) merupakan sebuah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan dengan Jaringan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet.

  17. Download
  18. Download adalah suatu proses transmisi sebuah file atau data dari sebuah sistem komputer ke sistem komputer yang lainnya. Dari internet, user/pengguna yang melakukan proses download (unduh) yaitu proses dimana seorang user meminta atau menrequest sebuah file dari sebuah komputer lain (seperti: web site,server atau yang sebagainya) dan lalu menerimanya. Dengan kata lain, download adalah transmisi file dari internet ke komputer client/pengguna dapat dikatakan juga proses penerimaan atau pengambilan file dari internet/server ke komputer pribadi.

  19. Upload
  20. Upload adalah sering dikatakan juga dengan Unggah, yaitu merupakan suatu cara untuk mengirimkan File (contohnya seperti file: gambar, program, musik, dokumen pdf, dan lain-lain) dari komputer pribadi ke sebuah sistem Server dan file atau data akan di publikasikan di internet sehingga data yang telah di upload dapat dilihat dan diambil (download) oleh orang lain atau orang banyak.

  21. E-mail
  22. E-mail dalam bahasa indonesia surat elektronik adalah adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet). Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet. Tapi ada pengecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

  23. Search Engine
  24. Search engine atau mesin pencari adalah sebuah sistem software atau sebuah aplikasi yang didesain dan disediakan oleh suatu badan komersial tertentu dan dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pengguna internet mencari berbagai informasi di internet.

  25. Mailing List
  26. milis atau Mailing List adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya.

  27. Chat
  28. Chat atau Chating adalah aktivitas berkomunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan memanfaatkan aplikasi chatting dan jaringan internet. Aplikasi chatting saat ini sudah sangat maju. Tidak hanya mengirim pesan teks saja, aktivitas chatting sekarang ini juga bisa mengirimkan emoticon, pesan suara, bahkan video.

  29. Blog
  30. Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.

  31. Hacker dan Cracker
  32. Pengguna komputer yang menggunakan kemampunya memasuki jaringan internet untuk memperoleh akses yang diproteksi, mempelajari sistem, dan memodifikasinya.

  33. Login
  34. Proses memasukan user ID dan password pada saat akan mengakses sebuah layanan di internet.

  35. Ping
  36. Fungsi Ping adalah Meminta bantuan user lain untuk mengatasi lag atau netsplit atau pun mengecek jaringan internet tersebut apakah terhubung ke internet atau tidak.

  37. Host
  38. Sebuah layanan koneksi ke internet.

  39. Domain Name (DNS)
  40. DNS (Domain Name Server) adalah server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host lewat host name-nya. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya. Namun bagi manusia tidak mungkin menghafalkan IP address tersebut, manusia lebih mudah menghapalkan kata-kata seperti www.yahoo.com dan www.google.com, m.facebook.com dll.
Mungkin itu saja mohon maaf jika kurang lengkap. Sekian terimakasih sudah berkunjung. Wassalamualaikum wr.wb
Abdul Rohim
Seorang noob yang ingin berbagi

Related Posts

Posting Komentar