Membuat Bootable Windows dengan Woe USB di Linux

Posting Komentar
abangnolep- Oke kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat bootable windows dengan Woe USB.

 Apa sih WoeUSB ?

 

   WoeUSB adalah Software sederhana yang memungkinkan Anda membuat installer windows atau sering di sebut bootable windows.

   sebelumnya saya membuat bootable windows dengan Unebootin tetapi gagal, saya gak tau kenapa bisa gagal (wajar pemula), Setelah saya cari-cari di google akhirnya saya menemukan software yang di khusus kan membuat bootable windows.
   Kenapa saya membuat bootable windows? ya karena saya ingin dualboot antara ubuntu dan windows (soalnya OS windows buat kebutuhan sekolah) eeh malah curhat hehehe 😂 .

Cara instal WoeUSB di Ubuntu


  1. instal paket software-properties-common dengan perintah
  2. $ sudo apt install software-properties-common
  3. Setelah paket software-properties-common terpasang, lanjutkan dengan memasang PPA WoeUSB dengan perintah di bawah ini.
  4. $sudo add-apt-repository ppa:nilarimogard/webupd8
  5. Setelah Proses apt selesai melakukan pembaruan paket. Setelah selesai, pasang WoeUSB dengan perintah berikut.
  6. $ sudo apt install woeusb
  7. Setelah WoeUSB terpasang, langsung saja kita buka untuk membuat bootable Windows. 

Membuat Bootable Windows dengan metode (GUI) di WoeUSB

  1. Tancapkan flashdisk anda ketika langsung terbuka di file manager anda, kita unmount terlebih dahulu. Untuk mengecek flashdisk kita /dev/sd(x) berapa ketik perintah :
    $ sudo fdisk -l
     
  2. Lalu umount Flashdisk anda dengan perintah:
    $ umount /dev/sdb1

  3. Buka aplikasi WoeUSB.
  4. Setelah WoeUSB terbuka, pilih bagian From a disk image (iso) klik bagian (None) dan arahkan ke berkas .iso dari sistem operasi Windows, lihat kotak wana kuning pada gambar di atas. Setelah file .iso termuat (pada kotak warna kuning), klik device yang menjadi target (lihat kotak warna biru) lalu klik Install. Jika jendela autentikasi muncul, masukkan saja sandi Anda.
  5.  Tunggu sampai Proses buat bootable nya selesai.

    .

Itulah tutorial membuat bootable Windows di Ubuntu menggunakan WoeUSB. Semoga bermanfaat.
Abdul Rohim
Seorang noob yang ingin berbagi

Related Posts

Posting Komentar