Pengertian dan Fungsi VPN [SINGKAT]

1 komentar

noobtekno - Pengertian, Kegunaan, dan Fungsi VPN Mungkin kita sering mendengar kata VPN, lantas banyak orang yang sudah mengetahui penggunaan vpn dari segi positif maupun negatif. Namun pasti ada yang tidak tahu tentang VPN ini, akan tetapi bagi anak sekolah jurusan TKJ maupun RPL dan Teknik Komputer lainya mungkin tidak asing lagi dengan VPN ini.

Apa sih VPN itu ?


VPN itu singkatan dari Virtual Private Network, VPN bisa disebut koneksi pribadi (Private) yang melalui jaringan publik. Penjelasan secara umum VPN itu :
  1. Virtual = hal yang tidak nyata bersifat Semu.
  2. Private = Pribadi di jaringan Publik
  3. Network = Jaringan Koneksi / Komputer yang saling terhubung.
Jadi kesimpulannya VPN adalah Suatu jaringan Virtual tanpa ada koneksi nyata yang terenkripsi.
Dengan adanya VPN ini kita seakan-akan telah membuat jaringan di dalam jaringan itu sendiri namun bersifat virtual.

Kegunaan atau Fungsi VPN


1. Kerahasian (Confidentially)

Karena banyak sekali teknologi jaringan yang bersifat publik, tentu sangat rawan akan pencurian data baik itu oleh virus atau hacker. Dengan menggunakan metode enrkipsi ini berfungsi untuk mengamankan data yang keluar dan masuk. Dengan menggunakan VPN, akan terjamin keamanannya (tergantung sih VPN itu sendiri) Serta menyulitkan membaca data anda dan mengakses informasi, sehingga perlindungan terhadap informasi lebih terjamin.

2. Keutuhan data (Data Integrity)

Selain mengamankan, VPN ini juga  melindungi data yang dikirim dari pengirim hingga sampai tujuan. Sehingga memungkinkan data akan terhindar dari kerusakan, hilang atau dimanipulasi (diubah) oleh pihak yang merugikan.

3. Authentikasi Sumber (Origin Authentication)

Selanjutnya fungsi dari vpn yang ketiga ini adalah mampu untuk mengautentifikasi sumber pengirim data yang akan diterima. VPN juga dapat mengecek atau memeriksa kepada data yang akan masuk dari sumbernya. Jika proses autentifikasi berhasil, maka informasi dari sumber data akan diterima.

VPN dapat juga mencegah dan menganalisa jika data yang dirikim tidak dari sumber seharusnya dan sebaliknya jika data yang dari sumber yang seharusnya, maka data akan disetujui untuk masuk hal ini untuk menghindari pemalsuan pengiriman data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Mungkin itu saja tentang Artikel pengertian dan fungsi VPN. Jika sobat memiliki saran, kritikan atau pertanyaan seputar artikel diatas. Maka silahkan kirimkan komentar anda di kolom komentar yang sudah disediakan, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Referensi : 
Abdul Rohim
Seorang noob yang ingin berbagi

Related Posts

1 komentar

  1. Vpn sebenernya banyak sekali manfaatnya.. nggak untuk buka nganu aja😂

    BalasHapus

Posting Komentar