Cara Instal Squid di Linux Ubuntu 18.04

Posting Komentar
Sebelum instalasi Squid ini teman-teman harus tau dulu apa itu Squid Proxy. Jadi

Apa Itu Squid?

Squid Proxy Server adalah aplikasi server web kaya fitur yang menyediakan layanan proxy terbalik serta opsi caching untuk situs web kalian. Ini memberikan peningkatan kecepatan situs yang nyata dan memungkinkan memungkinkan membuat situs/web mu lebih responsif.

Squid Proxy Server juga layanan yang terletak di antara Internet dan server web (biasanya di dalam jaringan pribadi bisa juga disebut local host) yang mengalihkan permintaan klien masuk ke server tempat data disimpan untuk pengambilan yang lebih mudah. Jika server caching (proxy) tidak memiliki data yang di-cache, itu kemudian meneruskan permintaan ke server web di mana data sebenarnya disimpan. Jenis cache ini memungkinkan untuk pengumpulan data dan mereproduksi nilai data asli yang disimpan di lokasi yang berbeda untuk menyediakan akses yang lebih mudah.

Squid Server ini juga dapat meningkatkan atau memperlancar aliran lalu lintas jaringan masuk antara klien dan server web juga dapat digunakan sebagai layanan caching untuk permintaan SSL serta pencarian DNS. Itu juga dapat memberikan berbagai dukungan untuk beberapa jenis protokol caching lainnya, seperti ICP, HTCP, CARP, dan juga WCCP.

Squid adalah pilihan yang sangat baik untuk banyak jenis pengaturan karena menyediakan kontrol yang sangat granular dengan menawarkan banyak alat sistem, serta kerangka kerja pemantauan menggunakan SNMP untuk memberikan dasar yang kuat untuk kebutuhan caching Anda.

Instalasi Squid 

Sebelum memulai instalasi, Yang Anda butuhkan adalah:
  1. Sistem Operasi Linux ( disini saya menggunakan Xubuntu 18.04).
  2. Akses ke Termial dengan menggunakan "Sudo" / sebagai admin.
  3. Akses Internet 
 Oke tanpa basa-basi lagi kita mulai instalasi Squid nya.
  1. Ketikan di Terminal linux 
  2. sudo apt install squid

    lalu tekan "Y" tunggu proses penginstalannya hingga sukses. 

Konfigurasi Squid Proxy Server

  1. Buka terminal dan Ketikkan
  2. sudo nano /etc/squid/squid.conf

    maka akan muncul tulisan seperti di atas. 
oh iya untuk lebih lanjut mengkonfigurasinya itu berbeda-beda sesuai yang kita butuhkan, misalya kita mau memonitoring atau ngeblokir situs atau yang lainya menggunakan konfigurasi yang berbeda-beda.

Cukup sekian dari saya.
Abdul Rohim
Seorang noob yang ingin berbagi

Related Posts

Posting Komentar